Sabtu, 31 Oktober 2020

ULANG TAHUN

 MENGAPA  ULANG TAHUN?


Setiap orang tahu, tahun selalu berubah, tidak pernah berulang.

Contoh,

1 November 2003 -- 1 November 2020.

Yang berulang adalah tanggal dan bulan: 1 November. Tahunnya tidak sama, tidak berulang, bahkan berselisih 17. Hanya saja, perulangan tanggal dan bulan itu terjadi setiap tahun ....


BIRTHDAY 


'hari lahir'


Nama-nama hari: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Contoh, 

1 November 2003 adalah hari Sabtu. Sekarang, 1 November 2020 adalah hari Minggu. Kepada seseorang yang lahir pada 1 November 2003, sekarang diberi ucapan "Happy Birthday", "Selamat Hari Lahir" ke-17?


OTONAN


Bagi krama Bali, "hari lahir" disebut "otonan" ("wetu" = 'lahir', "wetuan -> otonan" = 'kelahiran').

Contoh, 

Seseorang yang lahir pada Sabtu Umanis Watugunung, hari lahir atau otonannya juga pada hari yang sama: Sabtu Umanis Watugunung. Perulangannya terjadi setiap 210 hari, bukan setahun.

(1 November 2003 adalah Sabtu Umanis Watugunung, sekarang, 1 November 2020 adalah Minggu/Redite Umanis Mrakih ...   -> tentulah tidak tepat disebut otonan, hari lahir, "birthday" ...)


Pilih yang mana ...???


Salam rahayu ....

referensi:

DISKUSI:
Jika Anda menyampaikan ucapan untuk merayakan pertambahan usia pada orang yang Anda kenal, bagaimana Anda akan mengucapkannya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Naskah Bebondres

Bondres merupakan salah satu kesenian tradisional Bali. Pada mulanya, Bondres merupakan selingan dalam kesenian topeng di Bali. Namun, belak...