Minggu, 01 November 2020

S3 atau S-3

 BULAN BAHASA


S3  atau  S-3 ?


Selama ini pebahasa tampak tidak seragam dalam penulisan singkatan jenjang pendidikan strata satu, strata dua, strata tiga, atau pun diploma satu, diploma dua, dan seterusnya. Ada yang menuliskannya dengan S1, S2, S3, D1, D2, dst., ada pula yang menuliskannya dengan S-1, S-2,  S-3, D-1, D-2, dst.


Manakah yang benar: dengan tanda hubung atau tanpa tanda hubung?


Dalam EYD, antara lain, ada disebutkan bahwa tanda hubung (-) digunakan untuk merangkaikan singkatan (huruf kapital) dengan unsur lain yang tidak sejenis (seperti angka).


Huruf S dan D pada kasus di atas dirangkaikan dengan unsur lain yang tidak sejenis (angka). Oleh karena itu, jenjang pendidikan tersebut semestinya dituliskan dengan S-1, S-2, S-3, D-2, dan D-2; bukan S1, S3, S3, D1, dan D2.


Bagaimana dengan P4, P3, dan UUMD3? Angka pada kasus terakhir ini menyatakan jumlah, bukan menyatakan jenjang atau tingkatan. Untuk penulisan frasa yang menyatakan jumlah berlaku hukum MD (yang menerangkan mendahului bagian yang diterangkan seperti 2 hektar, 5 ekor, 20 buah, dan beberapa lembar.


Dengan demikian, P4, P3,  dan UUMD3 seyogianya ditulis dengan 4P, 3P, UUM3D ....


Salam bahasa ....

referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Naskah Bebondres

Bondres merupakan salah satu kesenian tradisional Bali. Pada mulanya, Bondres merupakan selingan dalam kesenian topeng di Bali. Namun, belak...