Minggu, 28 November 2021

Profil Pancasila untuk Menjawab Tantangan Abad ke-21

 

 Teks Pidato


Oleh Panji Narada

X BKP 1/2021.2022



Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato dalam kegiatan perayaan Bulan Bahasa tahun 2021.

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

salam sejahtera untuk kita semua

namo budaya,

om swastiastu

Yang terhormat, kepala SMK Negeri 3 Singaraja, yang saya hormati Bapak/Ibu guru, yang saya hormati para pegawai, dan siswa-siswi SMK Negeri 3 Singaraja yang selalu bersemangat pada masa pandemi.

 

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.karena atas anugrah kesehatan yang diberikan, kita bisa berkumpul untuk menjawab tantangan Abad ke-21

 

Profil Pancasila untuk Menjawab Tantangan Abad ke-21

abad  ke-21 yang kini tengah kita alami, sebagaimana telah dikaji para ahli bahwa abad 21 telah menimbulkan tantangan yang berdampak pada terjadinya krisis di bidang karakter. Daniel Bell sebagaimana dikutip Mochtar Buchori menyebutkan adanya enam tantangan di abad ke-21; yaitu integration of economy, fragmentation of politic, interdependence, high technologi, dan new colonization in culture.

Keenam tantangan yang ditimbulkan abad ke-21 ini baik langsung atau tidak langsung berdampak pada terjadinya krisis di bidang karakter.

Bagaimana kita mengatasi krisis karakter ini?

Hadirin, untuk mengatasi hal tersebut, dengarkanlah pidato saya yang berjudul Profil Pancasila untuk Menjawab Tantangan Abad ke-21.

Hadirin, yang berbahagia,

Pendidikan karakter secara harfiah dapat diartikan merubah atau membentuk watak, perilaku, perangai, tabi’at, dan kepribadian seseorang sesuai dengan kriteria yang ditentukan.Sedangkan secara esensial pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifat kodratnya menuju ke arah peradaban  manusia yang lebih baik. Pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi dari pendidikan moral karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan masalah benar-salah, tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan (habit) tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan, sehingga anak/peserta didik memiliki kesadaran, dan pemahaman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari. Profil pelajar Pancasila menawarkan pendidikan karakter yang telah teruji sepanjang sejarah bangsa Indonesia.

 

Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Gambaran profil pelajar Pancasila digambarkan sebaggai berikut.

Pertama, Pelajar Indonesia  yang berakhlak mulia adalah pelajar yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan memiliki akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, serta akhlak bernegara. Sebagai contoh, kita melakukan persembahyangan sesuai agama kita.

Kedua, Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Mari menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Ketiga, Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar Pancasila untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.Sebagai contoh, gunakan masker selama pandemi. Jika punya lebih, mari berbagi masker untuk yang tidak punya.

Keempat, Pelajar Indonesia adalah pelajar mandiri, yaitu pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Artinya, sebagai pelajar kita memiliki kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi dan regulasi diri. Pembelajaran daring selama pandemi, sebaiknya dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Kelima, Pelajar yang bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

Keenam, Pelajar yang kreatif adalah pelajar Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Apakah selama belajar di rumah kita tetap kreatif? Jika belum, mari kita lakukan, manfaatkan media digital untuk mendapat manfaat selama pandemi.

Hadirin, Itulah 6 ciri pelajar yang memiliki profil Pancasila. Mari kita tunjukkan secara nyata melalui proyek-proyek digital yang disuguhkan oleh pandemi Covid-19! 

 

Akhir kata, saya sampaikan terima kasih, mohon maafkan jika ada kata-kata yang kurang berkenan di dalam hati.

 

AS..

Om. santhi-santhi-santhi om

 

6 komentar:

  1. Nyoman Odiyana wibawa
    X DPIB 1
    pidato yang sempurna antara tema,judul,isi,pengertian,contoh penerapan sudah saling terkait 1 sama lain,,sedikit saya tambahkan mengenai 6 ciri utama frofil pelajar pancasila yang wajib di terapkan sedini mungkin karena pembetukan karakter yang baik akan lebih kuat dan menjadi dasar bila di terapkan sejak dini

    BalasHapus
  2. Komang dian dewi
    X DPIB2
    Profil pelajar pancasila mengajarkan kita bahwa pelajar indonesia adalah pelajar mandiri dan pelajar pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya dan selama pandemi ini kita belajar daring sebaiknya dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang negatif.

    BalasHapus
  3. Nama : Ayuk Vebri Yanti
    X DPIB 1

    Profil Pelajar Pancasila pada pidato tersebut mengajarkan kita dan mengajak kita untuk menumbuhkan kriteria diri sendiri menjadi yang lebih baik lagi atau istilah lainnya untuk mengembangkan sikap menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan mandiri, mampu mengatasi hal yang tidak bagus menjadi hal yang lebih bagus yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan adanya 6 ciri utama Profil Pelajar Pancasila kita bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Kalau bukan kita yang menerapkan sendiri mau siapa lagi yang menerapkannya?. Maka dari itu mulailah dari diri sendiri sebelum membagikannya ke orang lain.

    BalasHapus
  4. Profil pelajar Pancasila pada pidato tersebut mengajarkan kita untuk menumbuhkan kriteria diri sendiri menjadi yang lebih baik dan dapat mengembangkan sikap menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan mandiri,maanfaat profil pelajar Pancasila kita dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  5. Nama: Komang Restu Vande Sutawan kls: XDPIB 3
    Profil pelajar Pancasila mengajarkan kita untuk mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain.

    BalasHapus

Naskah Bebondres

Bondres merupakan salah satu kesenian tradisional Bali. Pada mulanya, Bondres merupakan selingan dalam kesenian topeng di Bali. Namun, belak...