Minggu, 28 November 2021

Memperkuat Karakter Sebagai Pelajar Pancasila pada era Abad 21

 

Kadek Ira Noviani

X DPIB 1/2021.2022

 

 “Memperkuat Karakter Sebagai Pelajar Pancasila pada era Abad 21”

 

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato dalam kegiatan perayaan Bulan Bahasa tahun 2021.

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

salam sejahtera untuk kita semua

namo budaya,

om swastiastu

Yang terhormat, kepala SMK Negeri 3 Singaraja, yang saya hormati Bapak/Ibu guru, yang saya hormati para pegawai, dan siswa-siswi SMK Negeri 3 Singaraja yang senantiasa berbuat kebaikan pada masa pandemi.

 

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.karena atas anugrah kesehatan yang diberikan, kita bisa berkumpul untuk selalu memiliki profil pelajar Pancasila.

 

Hadirin yang berbahagia, tantangan kita pada masa pandemi semakin besar sebagai pelajar Pancasila, karena itulah saya berdiri berpidato dengan judul “Memperkuat Karakter Sebagai Pelajar Pancasila pada era Abad 21”

 

Mengapa saya mengangkat topik tersebut?

Hadirin, saya melihat selama pandemi Covid 19 kita selalu berkutat pada pembelajaran digital baik melalui bimbingan guru maupun tanpa bimbingan guru. Berbagai permasalahan muncul ketika kita belajar tanpa bimbingan guru. Salah satu contoh permasalahan yang muncul adalah kita dihadapkan pada isu-isu sejarah, politik, dan kekerasan di media sosial. Sebagai remaja, tentunya kita belum paham dengan baik realita tersebut. Akhibatnya, banyak yang terseret pada jurang kehancuran, frustasi, dan malas belajar lagi.

 

Hadirin, Apakah kita harus terus terperosot di dalam jurang itu?

Tentu tidak. kita punya senjata untuk bergegas kembali ke jalan yang benar. Senjata apa itu?

Profil Pelajar Pancasila

 

Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pertama,

Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pelajar Pancasila memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia adalah akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

 

 

Kedua,

Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Elemen kunci berkebinekaan global adalah mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Ketiga,

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar Pancasila untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

Elemen kunci gotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

Keempat,

Pelajar Indonesia adalah pelajar mandiri, yaitu pelajar Pancasila yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

Elemen kunci mandiri adalah kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi dan regulasi diri.

Kelima,

Pelajar yang bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.

Elemen kunci bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan.

Keenam,

Pelajar yang kreatif adalah pelajar Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Elemen kunci kreatif adalah menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya serta tindakan yang orisinal.

 

Hadirin, senjata inilah yang menjadi kunci untuk meraih sukses pada era digital. Marilah berkarya dengan dilandasi profil pelajar Pancasila. 

 

Hadirin,

jalan aspal di singaraja

Riang gembira kita melaju

Jangan hanya hafal Pancasila

tapi laksanakan untuk maju

Akhir kata, saya sampaikan terima kasih, mohon maafkan jika ada kata-kata yang kurang berkenan di dalam hati.

 

AS..

Om. santhi-santhi-santhi om

18 komentar:

  1. Nyoman Odiyana wibawa
    X DPIB 1
    pidato yang bagus antara pengangkatan tema dengan isi pidato sudah sesuai,dan semua elemennya sudah di sebutkan sebagai penguatan karakter pelajar pancsila,,hanya saja dari semua elemen yan di sebutkan tidak ada contoh kegiatan penerapannya

    BalasHapus
  2. Wayan Eka Suarjana
    X DPIB 1
    Profil pelajar Pancasila memang harus dimiliki oleh seluruh siswa di Indonesia. Tapi tentunya tantangan yang kita rasakan itu semakin besar, terlebih lagi pada masa pandemi. Banyak aspek yang berpotensi bisa menjadi tantangan itu. Salah satunya adalah pengaruh negatif internet. Maka dari itu, bijak²lah menggunakan internet, agar terhindar dari dampak-dampak yang akan ditimbulkan

    BalasHapus
  3. Kadek Juni Anggantara
    X DPIB 1
    Profil pelajar Pancasila mengajarkan kita untuk mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain.

    BalasHapus
  4. Kadek Indhu Veba
    X-DPIB1
    Dari pidato yang saya baca profil pelajar pancasila memiliki banyak manfaat,kita sebagai siswa di Indonesia sebaiknya menguasai profil pelajar pancasila.Dengan Profil Pelajar Pancasila kita dapat menguatkan nilai-nilai luhur dalam diri setiap individu pelajar.Namun tantangan untuk menanamkan sikap Profil Pelajar Pancasila di masa pandemi ini semakin susah karena banyak sekali informasi di media sosial yang tidak pasti kebenarannya,karena itulah kita sebagai siswa harus pandai untuk memilah informasi agar tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak benar di media sosial.

    BalasHapus
  5. Siti mutiah
    X DPIB 2
    Profil pelajar pancasila
    Memang harus dimiliki oleh pelajar pancasila. Dan pasti akan ada tantangannya di setiap tingakat, ada tingkat mudah dan sulit. Jadi kita harus tetap semangat apalagi sekarang sedang dalam masa pandemi. Sekarang harus lebih berfikir agar tidak mudah terpengaruh oleh dampak negatif dari internet. Karna dalam masa pandemi ini kita akan semakin menggunakan internet dalam hal apapun.

    BalasHapus
  6. Ketut Ady Aryanta
    X DPIB 1
    Pidato ini sangat bagus karena pidato tersebuat memiliki cara agar kita tidak tersesat dan terpelosok ke dalam jurang kehancuran yang disebabkan oleh berita isu-isu, politik, dan kekerasan yang tersebar luas di media sosial. Dan kita sebagai pelajar memiliki cara agar tidak tersesat dan keluar dari jurang kehancura dengan mengunakan senjata yang bernama profil pelajar pancasila.

    BalasHapus
  7. Gede eka rediawan
    X DPIB2
    Pidato yang bagus antara tema dan isi pidato,yang mengenai isi profil pancasila yang wajib diterapkan sedini mungkin,tapi pasti ada saja tantangan yang kita hadapi dalam menerapkan profil pelajar pancasila terlebih lagi di masa pandemi saat ini banyak pengaruh buruk dari internet maka sebab itu kita harus lebih bijak dalam menanggapi informasi di media sosial

    BalasHapus
  8. Komang gili arta bawa
    X DPIB3
    Profil pelajar Pancasila memang harus dimiliki oleh seluruh siswa di Indonesia. Tapi tentunya tantangan yang kita rasakan itu semakin besar, terlebih lagi pada masa pandemi. Banyak aspek yang berpotensi bisa menjadi tantangan itu. Salah satunya adalah pengaruh negatif internet. Maka dari itu, bijak²lah menggunakan internet, agar terhindar dari dampak-dampak yang akan ditimbulkan

    BALAS

    BalasHapus
  9. Gede surya adi winata
    XDPIB 1
    Pidato ini sangat bagus karena menurut saya profil pelajar pancasila sangat penting di masa pandemi ini agar kita sebagai siswa tidak terpelosok dan tersesat ke dalam jurang kehancuran. Kita sebagai siswa harus pintar² lah mengunakan media sosial dengan baik agar terhindar dari dampak² negatif dan sesuai dengan ajaran profil pelajar pancasila

    BalasHapus
  10. Ayuk Vebri Yanti
    X DPIB 1
    Kita sebagai pelajar generasi muda harus memiliki yang namanya Profil Pelajar Pancasila seperti teks pidato tersebut. Dengan adanya Profil Pelajar Pancasila yang kita miliki, kita jadi tahu mana yang benar untuk kita dan mana yang tidak benar untuk kita,agar kita tidak terperosok kepada jurang kehancuran, terutama pada masa sekarang dimasa era globalisasi kita harus bijak mengambil tindakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,harus bisa bijak menggunakan internet dalam hal positif.

    BalasHapus
  11. Kadek Ira Noviani
    X DPIB 1

    Dari pidato di atas yang saya baca, saya menjadi tahu bahwa tantangan kita pada masa pandemi ini semakin besar sebagai pelajar pancasila. Jadi, kita sebagai generasi muda harus bisa menerapkan Profil Pelajar Pancasila pada kehidupan sehari-hari. Karena, dengan kita menerapkan enam elemen Profil Pelajar Pancasila, kita semua dapat dijauhkan dari jurang kehancuran, frustasi, dan malas belajar. Apalagi pada masa pandemi ini kita semua diharuskan belajar menggunakan gadget, dan tentunya dalam gadget banyak sekali terdapat informasi-informasi yang tidak benar adanya. Oleh karena itu, kita semua harus pandai dalam menggunakan gadget supaya dapat memilah mana informasi yang benar dan mana informasi yang tidak benar, dan supaya kita tidak mudah terpengaruh oleh perilaku-perilaku yang tidak baik.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Menurut saya pidato ini sangat bagus, profil pelajar Pancasila sangat penting untuk dimiliki oleh siswa di seluruh Indonesia. Profil pelajar Pancasila mengajarkan kita untuk mempertahankan kebudayaan luhur dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain.

    BalasHapus
  14. Gusti Ngurah Alit Wiradinata
    Xdpib2
    Pidato yang ditulis sangat rapih dan membuat para siswa mengerti bahwa profil pelajar pancasila mengajarkan kita untuk mempertahankan kebudayaan luhur dan tetap berpikiran positif terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, Karena, dengan kita menerapkan enam elemen Profil Pelajar Pancasila, kita semua dapat dijauhkan dari jurang kehancuran, frustasi, dan malas belajar.

    BalasHapus
  15. Nama: kadek sastrawan
    No:16
    Kls: x dpib3
    Dari pidato yang saya baca profil pelajar pancasila memiliki banyak manfaat,kita sebagai siswa di Indonesia sebaiknya menguasai profil pelajar pancasila.Dengan Profil Pelajar Pancasila kita dapat menguatkan nilai-nilai luhur dalam diri setiap individu pelajar.Namun tantangan untuk menanamkan sikap Profil Pelajar Pancasila di masa pandemi ini semakin susah karena banyak sekali informasi di media sosial yang tidak pasti kebenarannya,karena itulah kita sebagai siswa harus pandai untuk memilah informasi agar tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak benar di media sosial.

    BalasHapus
  16. Nama : I Komang Ngurah Winarta
    Kelas : X DPIB-1
    No : 12
    Dari pidato di atas yang berjudul “Memperkuat Karakter Sebagai Pelajar Pancasila pada era Abad 21” yang saya dapat simpulkan adalah, saya menjadi tahu bahwa tantangan kita pada masa pandemi ini semakin besar sebagai pelajar pancasila. Jadi, kita sebagai generasi muda harus bisa menerapkan Profil Pelajar Pancasila pada kehidupan sehari-hari. Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif Karena, dengan kita menerapkan enam elemen Profil Pelajar Pancasila, kita semua dapat dijauhkan dari jurang kehancuran, frustasi, dan malas belajar. Apalagi pada masa pandemi ini kita semua diharuskan belajar menggunakan teknologi modern seperti Hp, Laptop, Smartphone dan alat teknologi lainnya tentunya dalam teknologi modern tersebut banyak sekali terdapat informasi-informasi yang baik dan tidak baik jadi kita sebagai pelajar Pancasila harus selalu bisa memilah informasi-informasi yang terdapat di media sosial agar kita sebagai pelajar profil Pancasila selalu menerapkan enam elemen yang terdapat di dalam Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, kita semua harus pandai dalam menggunakan teknologi modern supaya dapat memilah mana informasi yang benar dan mana informasi yang tidak benar, dan supaya kita tidak mudah terpengaruh oleh perilaku-perilaku yang tidak baik.

    BalasHapus
  17. Nama: i kadek riva prawira widartha
    Kls: X DPIB2
    Setalah saya membaca pidato diatas, menurut saya pidato diatas sangat bagus, saya blajar banyak tentang isi dari profil pelajar pancasila, bagi saya profil plajar pancasila sangat bagus dan baik untuk diamalkan, tetapi kalau dijaman skrang memang susah untuk mengamlkan isi dari profile plajar pancasila, tetapi jika kita berkeinginan untuk memplajari dan mengamalkan isi dari profil plajar pancasila kita pasti bisa, karna banyak manfaat yang kita dapat setelah memplajari dan mengamalkannya, cotohnya kita bisa mempertahankan budaya leluhur kita.
    Profil pelajar pancasila mengajarkan kita untuk menjadi orang yang berkarakter, artinya kita harus berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak yang baik, itu sangat berguna bagi kita semua.

    BalasHapus
  18. Nama:Komang indra
    No:26
    Kelas:X DPIB 2
    Profil pelajar pancasila memiliki banyak manfaat yaitu mempertahankan kebudayaan luhur, berpikir terbuka dll.
    Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

    BalasHapus

Naskah Bebondres

Bondres merupakan salah satu kesenian tradisional Bali. Pada mulanya, Bondres merupakan selingan dalam kesenian topeng di Bali. Namun, belak...