Senin, 21 Oktober 2019

Literasi 1


  Kegiatan Literasi di SMK Negeri 3 Singaraja


 Judul:          Bagaimana menanam cengkeh?
Penulis: Giri santo

Tahun terbit: 1973

Penerbit: KANISUS
Jumlah halaman: 43 halaman
Jenis buku: Non fiksi

1 RINGKASAN BUKU
Cengkeh berasal dari maluku dan kemudian di sebar luaskan.syarat tumbuh cengkeh:iklim,temparatur,hujan dan tanah.Nama lain dari cengkeh adalah Eugenia aromatika.Jenis cengkeh dapat di bedakan dari: daun, buah,dan pohonnya.Nama jenis cengkehnya adalah: siputih,sikotok,dan zansibar.Cara pembibitanya yaitu pembibitan, pemilihan biji,dan menyemai.Pembibtan di lakukan di pasir dan diletakan di tempat teduh. Bibit yang telah tumbuh di pindahkan ke pembibitannya yang lainya.Belum pernah terjadi kerusakan pembibitan kecuali karena hama.Jenis hama yang dapat mengganggu pada perkermbangan tanaman cengkeh yaitu:penggerek batang,kutu daun,rayap,dan tupai.
Cara penanamanya adalah memupuk,mengacir,membuat teras dan menanam.Pupuk yang di gunakan adalah tumbuhan menjalar berbentuk pohon perdu.Mengacir adalah memberi jarak tanam pada bibit cengkeh.Penenemanya sedalam kerajang bibit dan lepaskan keranjangnya. Perawatannya di mulai dari penyiraman pada waktu tertentu cengkeh yang muda harus ada peneduhnya karena tidak tahan panas.Setelah itu penggemuran tanah pemupukan dan pemberatas hama.Cengkeh mulai berbunga setelah umur 6tahun. Tetapi ada pohon cengkeh yang berbunga sebelum 6tahun,hal ini tergantung juga dari varietas, pemeliharaan dan keadaan setempat.Pementikan yang lazimdengan jalan mematahkan rumpun bunga.Cengkeh yang kering memiliki perbandingan 3:1 dari basahnya.

2 ANALISI BUKU
Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat mudah dipahami.penulisan setiap kata sudah sesuai dengan Ejaan Bahasa indonesia kalimat-kalimatnya dibuat sederhana dan mudah dipahami.huruf yang digunakan dalam buku ini adalah Times New Roman.Didalam buku ini dilengkapi dengan gambar gambar tetapi gambarnya hanya berwarna hitam putih saja sehingga kita kurang jelas melihatnya.Dilihat dari covernya buku ini menggunakan warna yang bagus dan dilengkapi dengan gambar yang menarik.


3 AJAKAN
Buku ini sangat menarik dan bermanfaat bagi anda yang ingin bercocok tanam cengkeh.jika anda ingi menjadi petani cengkeh yang sukses ayo segera beli buku ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Naskah Bebondres

Bondres merupakan salah satu kesenian tradisional Bali. Pada mulanya, Bondres merupakan selingan dalam kesenian topeng di Bali. Namun, belak...