Rabu, 06 November 2019

ULASAN CERPEN XI DPIB1 (19/20)

Ulasan karya sastra adalah pembahasan tentang karya sastra, bisa berupa analisis karya, resensi, atau juga esai. Ulasan harus dibuat secara terstruktur, yakni berisi orientasi, tafsiran, penilaian, ringkasan.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Nasihat Untuk Anakku
Teks Ulasan Cerpen Nasihat Untuk Anakku
Nasihat Untuk Anakku adalah cerpen karya Motinggo Busye. Cerpen ini merupakan satu-satunya cerpen yang ditulis Motinggo Busye dan mendapatkan hadiah dari sebuah majalah sastra. Karya tulis ini bercerita tentang banyak berubahnya keadaan dunia, perjuangan hidup, serta berbagai nasihat dari ayah untuk anaknya.
a. Tafsiran
Pada paragraf pertama menceritakan tentang keadaan negara Republik Indonesia yang berubah. Kemudian pada paragraf selanjutnya menceritakan tentang betapa sulitnya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam paragraf tersebut juga menceritakan mengenai akses transportasi yang sangat buruk pada masa itu.

Pada teks paragraf ke-4 dan selanjutnya menceritakan bagaimana sang penulis cerita merayakan ulang tahun sang Ayah. Sang Ayah saat itu membawa temannya ke warung kopi untuk merayakan hari ulang tahunnya. Di paragraf berikutnya menceritakan tentang rencana apa yang ingin digunakan dari hasil terbitnya buku sang Ayah.

Pada pertengahan cerpen, sang Ayah mendengar temannya bunuh diri dengan cara memotong nadinya dengan silet. Tentunya hal tersebut  sangat memalukan. Dan pada bagian akhir, penulis memberi tahu untuk jangan takut membela kebenaran meski terkadang kebenaran dikalahkan oleh kenyataan.

b. Evaluasi
Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa yang sulit untuk dimengerti. Apabila para pembaca sudah memahami cerpen ini, maka pembaca akan tersihir dengan cerita pendek yang satu ini. Cerpen ini juga menjadi sebuah motivasi yang luar biasa serta menjadi panutan dalam kehidupan. Sehingga cerpen ini sangat bagus untuk para remaja.

Karena pada cerpen ini sang penulis menulis nasihat-nasihat yang baik bagi para pembaca. Selain itu, dalam cerpen ini menginformasikan bagaimana susahnya hidup dan bagaimana keadaan hidup saat itu sangat minim.

c. Rangkuman
Dengan mengesampingkan kekurangan yang ada, teks ini benar-benar dibutuhkan oleh remaja di Indonesia. Hal tersebut karena banyak sekali nasihat untuk membangun pribadi yang lebih baik lagi.


Tugas XI DPIB1(19/20)
Bacalah cerpen 1-18 dari blog (luhariksariadi.blogspot.com)!

Buatlah ulasan dari salah satu karya sastra (cerpen 1-18) karya Luh Arik Sariadi pada blog (luhariksariadi.blogspot.com)!

Buatlah ulasan sesuai nomor absen:
Nomor absen 1 sd 10 buat ulasan dari cerpen 1
Nomor absen 11 sd 20 buat ulasan dari cerpen 2
Nomor absen 21 sd selesai buat ulasan dari cerpen 3

Tulis ulasan pada kolom komentar di halaman blog ini!
Ingat isi identitas Anda!

21 komentar:

  1. Nama : Gede Ari Ardika
    No. : 5
    Kelas. : XI DPIB 1
    ULASAN CERPEN KAWIN
    Cerpen yang berjudul Kawin adalah cerpen karya luh arik sariadi. Cerpen ini merupakan cerpen yang pernah dimuat di koran Bali Post. Cerpen ini menceritakan tentang seorang perempuan yang menjadi tulang punggung utama dan sebagai pemimpin dikeluarganya agar saudara-saudaranya bisa menjadi orang yang sukses kedepannya.
    TAFSIRAN
    Paragraf pertama diceritakan seorang perempuan bernama Made yang hidup dalam keluarga yang demokratis. Setiap saat selalu mendiskusikan masalah tanpa mengenal waktu. Diparagraf selanjutnya menceritakan bahwa Made adalah orang kepercayaan untuk menetukan nasib keluarganya. Made sangat pandai berbicara dan berargumentasi serta mencari solusi.
    Pada paragraf ke 6, 7, 8 dan 9 menceritakan Made yang membiayai sekolah adik-adiknya hingga tamat. Selain ia membenahi rumah yang dulunya rusak, Made juga membiayai pernikahan kakak tertuanya.
    Pertengahan paragraf diceritakan ayah dan ibu Made lupa kalau Made sudah sangat dewasa dan sudah sepantasnya memiliki pendamping hidup. Dan pada bagian akhir, Made ingin menikah dengan orang bule yang membuat kekhawatiran orang tua dan saudara-saudaranya. Berbagai pendapat dikeluarkan oleh seluruh anggota keluarga Made mengapa ia menikah dengan orang bule. Padahal ia yang menasehati agar kita harus menjaga kebudayaan kita ini.
    EVALUASI
    Cerita pendek ini menceritakan kisah yang kurang jelas akhir ceritanya. Dimana Made belum memberikan alasan yang pasti mengapa ia ingin menikah dengan orang bule, ia hanya mengatakan bahwa ia ingin kawin. Padahal ia yang menasehati bahwa kita harus menjaga kebudayaan ini.
    Saat membaca cerpen ini pasti para pembaca akan termotivasi untuk membuat anggota keluarganya menjadi orang yang sukses kedepannya. Selain sang penulis menceritakan seorang perempuan yang pandai berargumen dan menjadi tulang punggung utama, cerpen ini juga mengajarkan kita untuk menjaga kebudayaan dan melestarikannya. Cerpen ini membuat para pembaca menjadi berfikir kritis.
    RANGKUMAN
    Cerpen ini membuat para pembaca bertanya-tanya apa sebenarnya alasan sang perempuan yang pandau berargumen itu untuk menikah dengan orang bule yang membuat kurang jelas pada akhir cerita. Namun disamping itucerpen ini penting bagi semua orang untuk berfikir kritis bagaiman agar keluarga bisa menjadi lebih baik kedepannya dan bagaimana tindakan kita untuk menjaga kebudayaan ini agar tidak diambil alih oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  2. Nama : Ni Made Febry Sukareni
    No : 30
    Kelas : XI DPIB1
    Teks Ulasan
    Teks ulasan cerpen ini berjudul Tiba di Ibu Kota karya oleh Luh Arik Sariadi Tukadmungga-Sukasada, April 2010.
    a. Tafsiran
    Si penulis cerpen ini menceritakan bahwa dia memiliki banyak mimpi yang berserakan dan dia tidak rela meninggalkan mimpi-mimpinya. Cahaya mulai merontak-rontak seperti letusan kembang api. Si penulis ingin mengenal senja tetapi karna terlalu banyak jumlahnya dan si penulis menduga- duga mimpinya yang mana akan terkabul esok hari. Senja itu berumah di dalam hati, untuk melewati hati senja harus tenggelam melewati laut biru dan senja tidak lagi menjaga mimpi-mimpinya ketika si penulis bekerja. Suka cita yang semestinya dia tunjukan, tetapi dia tidak menunjukannya kepada senja. Senja telah menyembunyikan mimpi-mimpi si penulis dari sandikala. Sang kala pernah membuat senja tak berdaya. Senja bergelimpangan saat si penulis tidak bisa menjaga mimpinya. Senja berasa bersalah karena tidak bisa menjaga mimpi si penulis yang diambil oleh Sang Kala. Si penulis yang merasa bahagia dikala mendapat baju kaos dan sifat si penulis yang sellau mempertimbangkan kecuali penilai tentang dirinya. Si penulis meghabiskan waktunya bersama senja dan rokok.
    b. Evaluasi
    Cerpen ini disajikan dengan bahasa yang sulit dimengerti sehingga para pembaca akan berpikir kritis. Cerpen ini juga bermotivasi untuk memliki mimpi yang banyak maka satu persatu akan terkabul.
    c. Rangkuman
    Dengan mengesampingkan kekurangan yang ada, cerpen ini juga memotivasi kepada setiap orang untuk jangan takut bermimpi sebanyak-banyaknya yang ingin diwujudkan. Namun keyakinan dan kepercayaan yang harus kita percayai sepenuhnya dan tentang kepercayaan dan ketakutan akan mimpi yang harus dihilangkan dari dalam otak kita.


    BalasHapus
  3. Nama: Putu Nila Anggarani
    Kelas : XI DPIB 1
    No : 31

    Cerpen Tiba di Ibu Kota

    Teks Ulasan
    Teks Ulasan Cerpen Tiba di Ibu Kota
    adalah cerpen karya oleh Luh Arik Sariadi
    Tukadmungga-Sukasada, April 2010.
    Karya tulis ini bercerita tentang mimpi yang dimiliki oleh sang penulis yang berserakan yang dijaga oleh senja dan tanpa diketahui sangkala mencuri mimpinya begitu saja.

    a. Tafsiran
    Pada paragraf pertama sang penulis menceritakan bahwa ia memiliki begitu banyak mimpi dan tidak rela bila mimpinya dicuri oleh senja. Paragraf kedua menjelaskan tentang cahaya yang meronta-ronta seperti letupan kembang api. Paragraf selanjutnya menceritakan tentang si penulis yang ingin lebih mengenal senja tetapi dia ingin menikmati malamnya dengan membayangkan mimpi-mimpi yang akan terkabul esok. Paragraf berikutnya, bagaimana senja yang menyembunyikan mimpi -mimpi itu dari sangkala. Paragraf yang lain menjelaskan bagaimana si penulis yang merasa bahagia dikala mendapat sebuah kaos, dan sifat sang penulis yang mempertimbangkan hal-hal tertentu kecuali penilaian tentang dirinya, bagaimana ia menghabiskan waktunya bersama senja dan rokok dan menceritakan tentang bagaimana sang sangkala mencuri mimpi si penulis yang dijaga oleh senja, dan senja menasihati si pemilik mimpi untuk merebutnya kembali.

    b. Evaluasi
    Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa yang sulit dimengerti bagi para pembaca dan alur dari cerpen ini kurang beraturan sehingga membingungkan para pembaca dan disini diperlukan pikiran yang kritis untuk memahami isi dari cerita pendek ini. Apabila para pembaca sudah memahami isi cerpen ini pasti mereka akan sangat tertarik.
    Dalam cerpen ini juga terdapat makna yang tersirat yaitu bermimpi itu harus karena mimpi akan mendorong untuk lebih berusaha lebih dan lebih.
    c. Rangkuman
    Dengan mengesampingkan kekurangan dari cerpen ini, cerpen ini juga memotivasi bagi siapapun untuk jangan takut bermimpi sebanyak yang ingin diwujudkan dan jangan biarkan mimpimu terhalang oleh waktu. Dan disini sang penulis memiliki banyak mimpi yang ingin diwujudkannya dan membayangkan mimpi apa yang akan terwujud esok dan ia akan terus bermimpi.

    BalasHapus
  4. Nama: Putu Nila Anggarani
    Kelas : XI DPIB 1
    No : 31

    Cerpen Tiba di Ibu Kota

    Teks Ulasan
    Teks Ulasan Cerpen Tiba di Ibu Kota
    adalah cerpen karya oleh Luh Arik Sariadi
    Tukadmungga-Sukasada, April 2010.
    Karya tulis ini bercerita tentang mimpi yang dimiliki oleh sang penulis yang berserakan yang dijaga oleh senja dan tanpa diketahui sangkala mencuri mimpinya begitu saja.

    a. Tafsiran
    Pada paragraf pertama sang penulis menceritakan bahwa ia memiliki begitu banyak mimpi dan tidak rela bila mimpinya dicuri oleh senja. Paragraf kedua menjelaskan tentang cahaya yang meronta-ronta seperti letupan kembang api. Paragraf selanjutnya menceritakan tentang si penulis yang ingin lebih mengenal senja tetapi dia ingin menikmati malamnya dengan membayangkan mimpi-mimpi yang akan terkabul esok. Paragraf berikutnya, bagaimana senja yang menyembunyikan mimpi -mimpi itu dari sangkala. Paragraf yang lain menjelaskan bagaimana si penulis yang merasa bahagia dikala mendapat sebuah kaos, dan sifat sang penulis yang mempertimbangkan hal-hal tertentu kecuali penilaian tentang dirinya, bagaimana ia menghabiskan waktunya bersama senja dan rokok dan menceritakan tentang bagaimana sang sangkala mencuri mimpi si penulis yang dijaga oleh senja, dan senja menasihati si pemilik mimpi untuk merebutnya kembali.

    b. Evaluasi
    Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa yang sulit dimengerti bagi para pembaca dan alur dari cerpen ini kurang beraturan sehingga membingungkan para pembaca dan disini diperlukan pikiran yang kritis untuk memahami isi dari cerita pendek ini. Apabila para pembaca sudah memahami isi cerpen ini pasti mereka akan sangat tertarik.
    Dalam cerpen ini juga terdapat makna yang tersirat yaitu bermimpi itu harus karena mimpi akan mendorong untuk lebih berusaha lebih dan lebih.
    c. Rangkuman
    Dengan mengesampingkan kekurangan dari cerpen ini, cerpen ini juga memotivasi bagi siapapun untuk jangan takut bermimpi sebanyak yang ingin diwujudkan dan jangan biarkan mimpimu terhalang oleh waktu. Dan disini sang penulis memiliki banyak mimpi yang ingin diwujudkannya dan membayangkan mimpi apa yang akan terwujud esok dan ia akan terus bermimpi.

    BalasHapus
  5. ya.. bagus... kalian memang cocok jadi juara kelas... untuk bahasa Indonesia berturut turut 1, 2,3.. bagaimana?

    BalasHapus
  6. Nama : Sylvania asriel d azzuri (35)
    Kelas : XI DPIB 1

    Mengulas cerpen no. 3 dengan judul Tiba di Ibu Kota.

    a. Tafsiran
    Pada awal paragraf menceritakan banyaknya mimpi yang dipunya. Pada paragraf tengah menceritakan tentang semua nasihat yang terkadang ia terima terkadang juga ia tak hiraukan. Dan diparagraf terakhir menjelaskan tentang penyesalannya karena telah menyianyiakan mimpi yang dipunya.

    b. Evaluasi
    Cerita ini diceritakan secara absurd yang membuat kebanyakan orang sulit mengerti dan harus memahami banyak makna tersirat. Cerita ini juga mengajarkan untuk selalu menghargai apa yang dipunya dan tidak membiarkan mimpi kita hancur.

    c. Rangkuman
    Dengan ini, kita harus selalu menjaga semua yang kita mimpikan agar tidak hancir begitu saja. Dan kita juga harus selalu mendengarkan nasihat-nasihat yang baik agar kita dapat menjadi pribadi yang baik pula.

    BalasHapus
  7. Nama:Rina Hasyim
    Kelas:XI DPIB1

    Cerpen Tiba di Ibu Kota

    Teks Ulasan
    Cerpen Tiba di Ibu Kota adalah cerpen karya Luh Arik Sariadi Tukadmungga-Sukasada,April 2010.
    Karya tulis ini menceritakan tentang mimpi-mimpi si penulis dan kerinduan si penulis kepada senja yang telah rela menyembunyikan mimpi-mimpinya dari sandikala.

    a.Tafsiran
    Pada paragraf pertama,si penulis menceritakan tentang kegiatannya dan mimpi-mimpinya yg begitu banyak.Pada paragraf kedua,ia pun menceritakan tentang cahaya-cahaya yang meronta seperti letupan kembang api.Paragraf berikutnya,si penulis menceritakan nagaimana kerinduannya kepada senja yang telah real menyembunyikan mimpi-mimpinya dari sandikala.Pada paragraf lainnya si penulis menuliskan bahwa ia sangat senang mengenakan baju kaos berwarna biru yang bergambarkan iklan partai.Si penulis pun tidak mau mempertimbangkan hal-hal tertentu,kecuali penilaian tentang dirinya.ia juga bercerita bagaimana ia menghabiskan uangnya hanya untuk membeli rokok dan anggur yang sisbunyikannya di bawah sebuah meja.Dan ia menceritakan mimpinya yang hilang diambil oleh sang kala, dan senja memberitahu kepadanya supaya merebut mimpinya kembali.

    b.Evaluasi
    Cerita pendek ini,diceritakan menggunakan bahasa yang sulit dimengerti bagi para pembacanya.Alur dari cerita ini pun belum beraturan sehingga sulit untuk memahami isi pokok dari cerpen ini.

    c.Rangkuman
    Dengan mengesampingkan kekurangan dari cerpen ini,cerpen ini sangat memberi motivasi atau dorongan bagi pembacanya.Bahwa bermimpilah sebanyak- banyaknya dan jangan menunda-nunda mimpi yang hampir terwujud atau yang ingin di wujudkan, supaya tidak terhalangi oleh waktu.

    BalasHapus
  8. Rina memiliki bakat menulis, di kelas Anda belum menunjukkannya... ibu baru melihat bakatmu...

    BalasHapus
  9. Nama : Wina Andriani
    Kelas : X1 DPIB 1
    No : 36

    Cerpen tiba di ibu kota

    Teks ulasan
    Cerpen ini berjudul tiba di ibu kota karya oleh Luh Arik Sariadi Tukadmungga-Sukasada, April 2010. Menceritakan tentang sipenulis yang memiliki banyak mimpi, dan senja yang selalu menjaga mimpinya hingga suatu hari senja tidak mampu untuk menjaga mimpi mimpinya tersebut hingga sang kala merampas mimpinya.

    a. Tafsiran
    Pada paragraf pertama menceritakan tentang kegiatan si penulis dan sisa sisa mimpinya yang berselerakan dikamarnya. Paragraf kedua menceritakan tentang cahaya yang meronta ronta dikamarnya dan mengenai tubuh kurusnya. Paragraf berikutnya menceritakan tentang sipenulis dengan senja, ia selalu mengusir senja karena ingin menikmati waktu malam. Walau dalam hati kecilnya ia terpaksa melakukan itu, bagaimanapun senja sudah membantunya menyembunyikan mimpi-mimpinya dari sang kala. Kemudian suatu saat, Dengan liciknya sang kala berhasil mencuri mimpi mimpi sipenulis. senja merasa sangat menyesal karena tak bisa menjaga mimpi mimpi sipenulis dari sang kala. Hingga dengan mengumpulkan keberanian nya, Senja berusaha meyakinkan sipenulis bahwa dengan merokok dan minum sipenulis tak menyadari bahwa mimpinya itu ducuri oleh sang kala. Awalnya sipenulis berusaha mengelak bahwa apa yang senja katakan tidak benar Hingga sipenulis sadar, bahwa ia telah melakukan kesalahan besar, ia menyesal terlalu menghabiskan waktunya dengan minum dan merokok. Hingga tekad itu datang lagi bahwa ia ingin bisa kembali bermimpi lagi.

    b. Evaluasi
    Cerita berjudul "tiba di ibu kota" ini menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca, membuat pembaca harus benar benar berusaha berfikir kritis untuk bisa memahami isi cerita tersebut. Alurnya pun tidak menentu, membingungkan para pembaca. walaupun demikian cerpen ini memiliki makna dan motivasi untuk pembaca agar tidak takut untuk bermimpi.

    c. Rangkuman.
    Dengan mengesampingkan kekurangan cerita tersebut. Cerita ini memiliki banyak makna tersirat yang bisa kita ambil untuk contoh baik dalam kehidupan. Cerpen ini memiliki sebuah motivasi untuk pembaca agar tidak takut untuk bermimpi. Bermimpilah jika kalian ingin sukses, dengan adanya mimpi, kita bisa menambah tekad kuat untuk cita cita kita yang ingin diwujudkan kedepan nya.

    BalasHapus
  10. Nama : I putu eka suarasana
    Kelas : XI DPIB 1
    No : 13



    Teks ulasan cerpen bukan sakadar penulis adalah cerpen karya luh arik sariadi. Karya tulis ini bercerita tentang seorang penulis yng memiliki kualitas dan tulisan tulisan yng bagus dan bermutu tetapi ia menghilang dari publik dan kabur dari rumah karena permasalahan yng belum di ketahui alasannya

    Tafsiran
    Pada paragraf pertama menceritakan tentang kekawatiran seorang staf terhadap kondisi jabatannya yang terancam karena kondisi perusahaan yng semakin menurun. Kemudian paragraf selanjutnya menceritakan tentang keadaan dari pemimpin perusahaan yng terus bersedih.

    Pada paragraf ke 3 pemimpin prusahaan memberikan tugas kepada stafnya untuk mencari orng yng di anggapnya mampu mengembalikan keadaan perusahaan agar bisa kembali berjaya di paragraf berikutnya menceritakan tentang ciri" dan keunggulan dari tokoh luh astiti yng akan di cari .

    Pada bagian pertengahan cerpen di ceritakan bahwa staf yng di suruh untuk mencari luh astiti merasa ragu akan alasan dari pemimpin perusahaan yng juga pamannya sendiri , dan merasa bahwa pamannya memiliki hubungan khusus dengan luh astiti. Pada paragraf berikutnya menceritakan tentang bukti - bukti kuat yng di berikan pemimpin perusahaan yang menyatakan bahwa luh astiti merupakan seorang penulih yng memiliki bakat yng tinggi dah mempunyai kelebihan karena dalam tulisannya juga berisi seperti ramalan untuk masadepan, yang dimana ramalan dari tulisan yang di buat sudah ada yang kejadian.

    Pada bagian akhir cerpen di ceritakan alasan kuat pentingnya luh astiti bagi pemimpin perusahaan karena dengan adanya luh astiti di anggap dapat membuat keadaan prusahaan dan negara menjadi lebih baik karena luh astiti adalah seorang penulis yng langka , hal itulah yng membuat pemimpin perusahaan begitu kukuh untuk menyuruh stafnya yng jga keponakannya untuk mencari luh astiti.


    B. Evaluasi
    Cerita pendek ini di sajikan dengan bahasa yang sulit untuk di mengerti dan alur cerita cerpen yang sangat membingungkan . Tetapi jika pembaca mampu mengerti dengan isi cerpen dan mampu menghayatinya , maka sang pembaca akan mengerti tentang seberapa pentingnya mempertahankan seseorang yang memiliki bakat yang tinggi dan akhlak yang baik . Cerpen ini juga dapat menjadi motifasi untuk kita agar kita selalu bisa menjadi orang yang lebih baik dengan selalu berusaha dengan giat untuk mencapain impian yng ingin di raih .

    Karena dalam cerpen ini menceritakan perjalanan hidup dari luh astiti yng sangat keras tetapi dia mampu berhasil dan juga sifat dari pemimpin perusahaan yng tidak mudah menyerah untuk mencari luh astiti


    C.rangkuman
    Dengan mengesampingkan kekurangan yang ada pada cerpen , teks ini sangat memotifasi untuk kita agar bisa menjadi orang yng berprestasi dan dapat berguna bagi banyak orang dengan mengembangkan kemampuan yng kita miliki .

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Nama: Luh Maya Budi Astuti
    No: 26
    kelas:XI DPIB 1

    Teks ulasan yang berjudul "Tiba Di Ibu Kota"adalah teks yang ditulis oleh Luh Arik Sariadi Tukadmungga Sukasada April 2010,karya tulis ini menceritakan seseorang yang merindukan senja, dan inggin mengembalikan mimpi-mimpinya.

    a. Tafsiran
    pada paragraf pertama menceritakan seseorang yang tidak inggin meninggalkan mimipinya,dan pada paragraf kedua menceritakan seseorang yang mengigat mimpinya.Pada paragraf 3 seseorang yang menghilangkan cahaya senja untuk mendatangkan malam,dan paragraf selanjutnya, menceritakan seseorang yang menghilangkan cahaya senja dan dia tidak perlu menjaga mimpi-mimpinya.Selain itu suka cinta harus ditunjukan kepada senja membuat bibirnya kesamping dengan kedua bagian yang tertutup sambil menyipitkan kedua matanya,sang kala akan melahap siapa saja yang terbuai oleh beberapa menit menjelang gelap. Dan menyembunyikan mimpi-mimpi yang dibuatnya,dan pada paragraf selanjutnya menceritakan sang penulis suka memakai baju warna biru yang bergambar ikan partai.Penulis juga menceritakan kalau dia suka menghabiskan waktu untuk mampir ke rumah teman-teman sekedar untuk menunjukan kemahirannya menghembuskan asap rokok.

    b.Evaluasi
    cerita ini diceritakan dengan bahasa yang sulit dimengerti,dan membuat sang pembaca harus benar-benar memahami isi dari cerita tersebut.

    c.Rangkuman
    Dengan mengesampingakan kekurangan cerita ini,cerita dapat menjadi panutan untuk kehidupan suatu saat nanti.Bahwa kita harus memiliki sebuah mimpi jangan takut untuk bermimpi dan teruslah bermimpi.

    BalasHapus
  13. Nama :Kadek Surya Dwipa Andika
    No :19
    Kelas:XI DPIB1



    Teks ulasan cerpen bukan sakadar penulis adalah cerpen karya luh arik sariadi. Karya tulis ini bercerita tentang seorang penulis yng memiliki kualitas dan tulisan yang sangat bagus dan bermutu tetapi dia menghilang dari publik dan kabur dari rumah karena, permasalahan yang belum di ketahui alasannya

    Tafsiran
    Pada paragraf pertama menceritakan tentang kekawatiran seorang staf terhadap kondisi jabatannya yang terancam karena kondisi perusahaan yang semakin menurun. Kemudian paragraf selanjutnya menceritakan tentang keadaan dari pemimpin perusahaan yang sedih karena keadaannya sekarang

    Pada paragraf ke 3 pemimpin prusahaan memberikan tugas kepada stafnya untuk mencari orang yang dianggapnya mampu mengembalikan keadaan perusahaan agar bisa kembali membaik di paragraf berikutnya menceritakan tentang ciri" dan keunggulan dari tokoh luh astiti yng akan di cari .

    Pada bagian pertengahan cerpen di ceritakan bahwa staf yng di suruh untuk mencari seseorang yang bernama Luh astiti karena ia merasa bahwa pamannya memiliki hubungan khusus dengan luh astiti.sang pemimpin perusahaan yang menyatakan bahwa luh astiti merupakan seorang penulis yng memiliki bakat yng tinggi dah mempunyai kelebihan dalam menulis juga berisi seperti ramalan untuk masadepan, yang dimana ramalan dari tulisan yang di buat sudah ada yang kejadian.

    Pada bagian akhir cerpen di ceritakan alasan kuat pentingnya luh astiti bagi pemimpin perusahaan karena dengan adanya luh astiti di anggap dapat membuat keadaan prusahaan dan negara menjadi lebih baik karena luh astiti adalah seorang penulis yng langka , hal itulah yng membuat pemimpin perusahaan begitu kuat menyuruh stafnya yang juga merupakan keponakannya untuk mencari luh astiti.


    B. Evaluasi
    Cerita pendek ini di sajikan dengan bahasa yang sulit untuk di mengerti dan alur cerita cerpen yang sangat membingungkan . Tetapi jika pembaca mampu mengerti dengan isi cerpen dan mampu menghayatinya , maka sang pembaca akan mengerti tentang seberapa pentingnya mempertahankan seseorang yang memiliki bakat yang tinggi dan akhlak yang baik . Cerpen ini juga dapat menjadi motifasi untuk kita agar kita selalu bisa menjadi orang yang lebih baik dengan selalu berusaha dengan giat untuk mencapain impian yng ingin di raih .

    Karena dalam cerpen ini menceritakan perjalanan hidup dari luh astiti yng sangat keras tetapi dia mampu berhasil dan juga sifat dari pemimpin perusahaan yng tidak mudah menyerah untuk mencari luh astiti


    C.rangkuman
    Dengan mengesampingkan kekurangan yang ada pada cerpen , teks ini sangat memotifasi untuk kita agar bisa menjadi orang yang tegar dan berprestasi agar bisa berguna bagi banyak orang,dan kita juga harus mengembangkan sifat yang menurut kita baik di mata orang dan berguna bagi setiap orang

    BalasHapus
  14. Nama : Komang pendi
    No : 24
    Kelas : XI DPIB 1

    Teks ulasan cerpen ini berjudul Tiba di Ibu kota, karya Luh Arik Sariadi

    Tafsiran
    Paragraf pertama memiliki banyak mimpi dan tidak rela mimpinya diambil oleh senja,paragraf kedua Cahaya cahaya berserakan meronta ronta seperti Letupan kembang api yang di Angkasa, paragraf berikutnya si penulis menceritan bagaimana kerinduannya kepada senja yang sudah menyembunyikan mimpi mimpinya dari Sandikala dan bagaimana si penulis yang ingin lebih mengenal senja dengan membayangkan mimpi mimpi yang akan terkabul esok, paragraf selanjutnya si penulis yang bahagia di saat mendapat kaos, dan mempertimbangkan hal hal tertentu yang bagaimana ia menghabiskan waktunya bersama senja dan rokok dan bagaimana sangkala mencuri mimpinya.

    Evaluasi
    Cerita ini disajikan dengan bahasa yang sulit dimengerti,alurnya juga kurang beraturan sehingga bingung bagi yang membacanya, walaupun demikian cerpen ini juga bermotivasi untuk memiliki mimpi yang banyak dan satu persatu akan terkabul.

    Rangkuman
    Dengan mengesampingkan kekurangan dari cerpen yang diatas, cerpen ini mempunyai banyak makna yang tersirat yang bisa kita jadikan contoh baik di dalam diri,dan baik juga di dalam kehidupan di masing masing orang.
    Cerpen ini juga menceritakan bermimpilah sebanyak banyaknya dan jangan menunda mimpi yang hampir terwujud, supaya tidak terhalangi oleh waktu,kita juga perlu mendengarkan nasihat nasihat yang baik agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik

    BalasHapus
  15. Nama:made ayu wirnansih
    Kelas:XI DPIB 1
    no:29

    Tiba Di Ibu Kota

    A. Teks ulasan
    Cerpen tiba di ibu kota di buat oleh Luh Arik Sariadi di Tukadmungga-Sukasada pada april 2010.Yang menceritakan mimpi mimpi yang masih gelisah akan sangkala yang akan merebutnya.

    B. Tafsiran
    Pada paragraf pertama sang penulis menceritakan mimpi mimpi yang masih berserakan di kamarnya dan cahaya yang menyelinap melalui jendela yang sama sekali tidak rela meninggalkan mimpi mimpi yang berumah di ruang kamarnya.Pada paragraf ke dua sang penulis menceritakan sebuah cahaya yang meronta ronta seperti letupan kembang api yang tidak begitu menarik bagi nya.Paragraf berikutnya sang penulis menceritakan dimana senja yang di usirnya hanya untuk menikmati malam, yang dimana itu adalah waktu yang paling baik menurutnya.Dimana senja tidak perlu lagi menjaga mimpi mimpinya ketika ia bekerja walau ia harus berterimakasih.Sang penulis menunjukan betapa ia merindukan senja bagaimanapun,senja telah menyembunyikan mimpi mimpinya pada sangkala.Bahwa sangkala yang akan melahap mimpi mimpi yang ia sayangi dimana sangkala tidak peduli akan dirinya sendiri.senja yang merasa bersalah karena tidak bisa menjaga mimpi dari sangkala,dan penilqiqn orang terhadap dirinya senja di ibu kota menyisakan mimpi bagi malam.

    C. Evaluasi
    Cerpen ini sangat rumit untuk dimengerti bagi pembaca,bahasa yang digunakan cukup sulit untuk dipahami,alur yang tak beraturan membuat pembaca bingung.

    D. Rangkuman
    Cerpen ini sangat memotivasi dan menarik tetapi cerpen ini sulit untuk dipahami jika di baca sekali harus berkali kali untuk bisa di pahami.

    BalasHapus
  16. Nama : Gede Jundara Panca Erlangga
    No : 6
    Kelas : XI DPIB 1

    Teks ulasan cerpen ini berjudul kawin karya oleh Luh Arik Sariadi
    TAFSIRAN
    Paragraf pertama Made memiliki keluarga yang demokratis dan setiap ada masalah selalu dirundingkan. Diparagraf selanjutnya mereka berbicara tidak ada tertua atau termuda, hati mereka seperti terikat 1 dengan yang lainnya,sepertinya tuhan telah mengatur supaya giliran bicara dimanfaatkan setiap anggota keluarga. Paragraf selanjutnya gagasan yang inspiratif sangat di hargai dalam diskusi, diparagraf 7,8 dan 9, menceritakan tentang Made yang membiayai Adik-adiknya sampai tamat.
    EVALUASI
    Cerpen ini menceritakan kisah yang kurang jelas di akhir ceritanya, Karena Made tidak memberitahu alasannya ingin kawin dengan orang bule. Cerpen ini juga menceritakan tentang Made yang menjadi tulang punggung keluarganya, yang membuat kita termotivasi saat membacanya.
    RANGKUMAN
    Walaupun cerpen ini memiliki kekurangan, tapi cerita ini menceritakan kegigihan seorang perempuan dan bagaimana tindakan kita untuk menjaga budaya ini tidak diambil oleh bangsa lain

    BalasHapus
  17. Nama : Gede Suardika
    No : 10
    Kelas. : XI DPIB 1

    ULASAN CERPEN KAWIN
    Cerpen yang berjudul Kawin adalah cerpen karya Luh Arik Sariadi. Cerpen ini menceritakan tentang seorang perempuan yang sangat dipercayai dan sangat bertanggung jawab atas keluarganya pemimpin dikeluarganya agar saudara-saudaranya bisa menjadi orang yang sukses.

    TAFSIRAN
    Pada paragraf pertama menceritakan bahwa made anak kedua dari enam bersaudara dan made memiliki keluarga yang demokratis .Diparagraf selanjutnya menceritakan bahwa Made adalah orang kepercayaan untuk menetukan nasib keluarganya,Made sangat pandai berbicara dan berargumentasi serta mencari solusi.
    Pada paragraf ke 6-9 menceritakan Made yang membiayai sekolah adik-adiknya potong gigi . Selain itu ia membenahi rumah yang dulunya rusak, Made juga membiayai pernikahan kakak tertuanya.
    Pertengahan paragraf diceritakan ayah dan ibu Made lupa kalau Made sudah sangat dewasa dan sudah sepantasnya memiliki pendamping hidup. Dan pada bagian akhir, Made ingin menikah dengan orang bule yang membuat kekhawatiran orang tua dan saudara-saudaranya. Berbagai pendapat dikeluarkan oleh seluruh anggota keluarga Made mengapa ia menikah dengan orang bule. Padahal ia yang menasehati agar kita harus tetap menjaga kebudayaan kita ini.

    EVALUASI
    Cerita pendek ini menceritakan kisah yang kurang jelas akhir ceritanya. Dimana Made belum memberikan alasan yang pasti mengapa ia ingin menikah dengan orang bule, ia hanya mengatakan bahwa ia ingin kawin. Padahal ia yang menasehati bahwa kita harus menjaga kebudayaan ini.
    Saat membaca cerpen ini pasti para pembaca akan termotivasi untuk membuat anggota keluarganya menjadi orang yang sukses kedepannya. Selain sang penulis menceritakan seorang perempuan yang pandai berargumen dan menjadi tulang punggung utama, cerpen ini juga mengajarkan kita untuk menjaga kebudayaan dan melestarikannya. Cerpen ini membuat para pembaca menjadi berfikir kritis.

    RANGKUMAN
    Cerpen ini membuat para pembaca bingung dan bertanya-tanya apa sebenarnya alasan Made diakhir cerpen ini sehingga memutuskan untuk menikah dengan orang bule. Namun disamping itu cerpen ini penting bagi semua orang untuk berfikir kritis bagaimana agar keluarga bisa menjadi lebih baik dan bagaimana tindakan kita untuk menjaga kebudayaan ini agar tidak diambil alih dan direbut oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  18. Nama:Gede Antonio Trinidad
    No absen:04
    Kelas:XI DPIB 1
    *ULASAN CERPEN KAWIN:
    Cerpen yang berjudul Kawin adalah cerpen karya dari Luh Arik Sariadi. Cerpen ini pernah dimuat di koran Bali Post, Cerpen ini menceritakan tentang kisah seorang perempuan yang bernama Made yang menjadi tulang punggung utama dan sebagai pemimpin dikeluarganya dan saudara-saudaranya agar bisa menjadi orang yang sukses kedepannya.
    *TAFSIRAN:
    Paragraf pertama diceritakan seorang perempuan yang bernama Made yang hidup dalam keluarga yang demokratis. Setiap ada masalah, selalu dirundingkan. Diparagraf selanjutnya menceritakan bahwa Made adalah orang kepercayaan untuk menetukan nasib keluarganya. Made sangat pandai berbicara dan berargumentasi serta mencari solusi.
    Disini diceritakan Made yang membiayai sekolah adik-adiknya hingga tamat. Selain membiayai adik-adiknya sekolah hingga tamat, Made juga membiayai biaya potong gigi dengan perhitungan yang tepat. Dana yang dipinjam dari bank untuk potong gigi pun cukup besar, sehingga Made mempertaruhkan surat pengangkatan dirinya sebagai Pegawai Negeri Sipil. Bahkan biaya untuk pernikahan kakaknya pun Made yang membiayai.
    Pertengahan paragraf diceritakan ayah dan ibu Made lupa kalau Made sudah berumur 35 tahun dan sudah sangat dewasa, sudah sepantasnya Made memiliki pendamping hidup. Selain ingin melihat Made menikah, ibunya Made menyimpan rasa takut karena hanya Made yang berani mengkritik ayahnya dan menenangkan putra-putranya yang lain. Di bagian akhir, Made ingin menikah dengan orang bule yang membuat kekhawatiran orang tua dan saudara-saudaranya. Berbagai pendapat dikeluarkan oleh seluruh anggota keluarga Made mengapa ia menikah dengan orang bule. Padahal ia yang menasehati agar kita harus menjaga kebudayaan kita ini. Tetapi Made punya alasan tersendiri untuk menikah dengan bule tersebut.
    *EVALUASI:
    Cerpen ini menceritakan kisah yang kurang jelas di akhir ceritanya. Dimana Made belum memberikan alasan yang pasti mengapa ia ingin menikah dengan orang bule, ia hanya mengatakan bahwa ia ingin kawin dan saling mencintai satu sama lain. Padahal Made sendiri yang menasehati bahwa kita harus menjaga kebudayaan ini.
    Saat membaca cerpen ini pasti para pembaca akan termotivasi untuk membuat anggota keluarganya menjadi orang yang sukses kedepannya. Selain itu sang penulis menceritakan seorang perempuan yang pandai mengatasi masalah keluarga dan menjadi tulang punggung di keluarganya. Cerpen ini juga mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebudayaan kita dan melestarikannya. Cerpen ini membuat para pembaca menjadi berpikir kritis.
    RANGKUMAN
    Cerpen ini membuat para pembaca bertanya-tanya apa sebenarnya alasan sang perempuan yang pandau berargumen itu untuk menikah dengan orang bule yang membuat kurang jelas pada akhir cerita. Namun disamping itucerpen ini penting bagi semua orang untuk berfikir kritis bagaiman agar keluarga bisa menjadi lebih baik kedepannya dan bagaimana tindakan kita untuk menjaga kebudayaan ini agar tidak diambil alih oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  19. Nama : ketut sudiarta
    Kelas : x1 dpib 1
    No :20


    Teks ulasan cerpen bukan sekadar penulis

    Teks ulasan cerpen bukan sekadar penulis orang yang bekerja sebagai staf di sebuah perusahaan penerbitan.

    Tafsiran
    Pada paragraf pertama hampir setiap hari,aku duduk di kursi yang sma.aku bertugas mencatat setiap penulis yang hendak menerbitkan buku.namun ,aku tidak merasa terusik karena takut perusaahanku suatu saat mungkin bangkrut. Tapi aku yakin perusaahnku akan baik-baik saja karena yang bekerja sebagai pemimpin perusahan adalah pamanku sendiri yang diyaktor
    Pada paragraf kedua paman terus menerus menangis di ruangan yang sangat berdebu apapun yang aku minta pasti di kabulkan walaupun aku belum berhasil melaksanakan tugas
    Pada pafagraf ketiga tugas mu kali ini mencari perempuan hebat ,luh astiti kata paman dengan lembut memiliki tahi lalat di pipi bagian kiri .tubuhnya setinggi angkutan pedesaan tapi tetap kelihatan menarik karena tubuhnya seksi.

    B. Evaluasi
    Cerita pendek ini di sajikan dengan bahasa yang sulit untuk di mengerti dan alur cerita cerpen yang sangat membingungkan . Tetapi jika pembaca mampu mengerti dengan isi cerpen dan mampu menghayatinya , maka sang pembaca akan mengerti tentang seberapa pentingnya mempertahankan seseorang yang memiliki bakat yang tinggi dan akhlak yang baik . Cerpen ini juga dapat menjadi motifasi untuk kita agar kita selalu bisa menjadi orang yang lebih baik dengan selalu berusaha dengan giat untuk mencapain impian yng ingin di raih .

    Karena dalam cerpen ini menceritakan perjalanan hidup dari luh astiti yng sangat keras tetapi dia mampu berhasil dan juga sifat dari pemimpin perusahaan yng tidak mudah menyerah untuk mencari luh astiti

    C.rangkuman
    Dengan mengesampingkan kekurangan yang ada pada cerpen , teks ini sangat memotifasi untuk kita agar bisa menjadi orang yang tegar dan berprestasi agar bisa berguna bagi banyak orang,dan kita juga harus mengembangkan sifat yang menurut kita baik di mata orang dan berguna bagi setiap orang

    BalasHapus
  20. Nama : Yana Ardi Putra
    Kelas: Xl DPIB 1
    No. : 33

    Tiba Di Ibu Kota
    a.tafsiran
    ~ Pada paragraf pertama sang penulis menceritakan bahwa ia memiliki banyak mimpi namun tetapi ia tidak rela meninggalkan mimpi mimpi yang berumah di ruang kamar miliknya
    ~ Pada Paragraf kedua itu menjelaskan tentang cahaya yang meronta ronta seperti letupan kembang api saat di tabrakkan dengan tubuhnya.
    ~paragraf ketiga sang penulis menceritakan bahwa ia ingin sekali mengenal senja dengan lebih dalam,tetapi ia memiliki keinginan untuk
    Menikmati mimpi mimpi yang di duga akan terkabul besok.
    ~Paragraf ke empat yaitu menceritakan tentang bagaimana ia tidak bisa memindahkan perhatian cahaya menuju ke kamarnya sendiri,namun ia harus tetap berterimakasih kepada senja karena bagaimana senja yang menyembunyikan mimpi mimpi nya dari sangkala.
    ~pada paragraf terakhir
    Sang penulis menceritakan bagaimana bahagianya ia ketika mendapatkan sebuah kaos,dan sifat sang penulis yang mempertimbangkan hal-hal tertentu kecuali menilai tentang dirinya,bagaimana ia ketika menghabiskan waktunya bersama senja dan rokok sambil menceritakan tentang bagaimana sangkala ingin mencuri mimpi mimpi si penulis yang di jaga oleh sang senja,dan senja menasihati si pemilik mimpi untuk merebutnya kembali.

    b. Evaluasi
    Pada cerita pendek diatas yang disajikan dengan pola bahasa yang sangat sulit sehingga para pembaca tidak mudah untuk mengertikan arti dari cerita yang disajikan dan alur pada cerita tersebut sangat tidak beraturan sehingga para pembaca merasa bingung saat membaca isi dari cerpen tersebut. Cerita diatas sangat kurang menarik sehingga para pembaca mudah bosan untuk membacanya.

    C. Rangkuman
    Meskipun Cerita yang disajikan diatas banyak memiliki kekurangan akan tetapi cerpen ini sangat memberi motivasi kepada kita untuk tidak pernah takut untuk bermimpi sebanyak apa pun dan setinggi apapun,jangan pernah biarkan mimpi mimpi mu terrenggut oleh waktu. Nahh seperti contohnya sang penulis memiliki banyak sekali mimpi yang ingin ia wujudkan dan membayangkan mimpi apa yang akan terwujud esok dan ia akan terus bermimpi. Begitu juga untuk kita semua jangan pernah merasa takut untuk bermimpi.

    BalasHapus
  21. Nama : Komang Suhendra Irawan
    Kelas : XI DPIB 1
    No : 25

    Cerpen Tiba di Ibu Kota

    Teks Ulasan
    Cerpen Tiba di Ibu Kota adalah cerpen karya Luh Arik Sariadi Tukadmungga-Sukasada,April 2010.
    Karya tulis ini menceritakan tentang mimpi-mimpi si penulis dan kerinduan si penulis kepada senja yang telah rela menyembunyikan mimpi-mimpinya dari sandikala.

    a. Tafsiran
    Dari paragraf pertama menceritakan seorang guru swasta yang mempunyai banyak mimpi, dan mimpi itu dia dapat setelah tidur sore menjelang malam. Guru yang selalu menikmati senja dengan cahayanya yang sangat indah, dan selalu bergelut senja, akan tetapi dia tidak mau melewati senja yang sangat indah, dan menjadi pemandangan mata yang menakjubkan. Bahkan dia sangat takut jika senja akan digantikan dengan malam. Dimana di paragraf selanjutnya dia sangat merindukan senja yang telah menyembunyikan mimpi - mimpi pada sandikala. Karene sangkala pernah membuat senja tidak berdaya, dan sangkala juga yang mengambil mimpinya untuk menjadi pemimpin di kerajan impiannya. Dia selalu berbicara dengan senja memberi tau senja bahwa dia senang dengan pemberian orang, seperti halnya kaos yang diberikan oleh ayahnya dan menceritakan kebiasaannya merokok dan menunjukan kemahiran merokok kepada sahabatnya, dan dinasehati agar berhenti merokok oleh senja. Dan di paragraf selanjutnya senja memberitahukan pada guru tersebut, bahwa ada yang hilang di kerajaan mimpi guru itu. Dan dia pun menggeledah semua barang yang ada dikamarnya, ternyata tidak ada satupun barangnya yang hilang, dan guru itu pun tampak tidak tenang, sebennarnya apanya yang dicuri dari dirinya, seperti apa yang dikatakan oleh senja, dan dia mencari minuman anggur yang di sembunyikan di bawah kolong almari, dia akan minum tiap kali kesepian karena teman temannya semua sibuk. Dia tanpa senja pasti tidak bisa menerima malam, karena mimpinya sudah dicuri oleh sangkala, dia tidak menyadari bahwa mimpinya sering kecurian karena dia teramat sibuk merokok dan minum. Karena itu dia sering melewati senja dan tidak bisa bermimpi lagi, karena dia terlalu asik dengan indahnya kota ini. Sebagai guru dia gajinya sangat tinggi. Akhirnya dia dipecat karena sekolah memerlukan guru guru yang selalu bermimpi, dan dia berharap bisa bermimpi lagi dengan kembali ke desa.

    b. Evaluasi
    Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa yang sulit di mengerti. Apa bila para pembaca sudah memahami cerpen ini, mungkin cerpen ini akan di jadikan suatu renungan oleh pembaca, karena pada ceroen ini sang penulis menulis, nasihat yang baik, selain itu dalam cerpen ini menginformasikan bagaimana susahnya hidup dan minimnya persahabatan, dan jangan menyia - nyiakan hiduo dengan hal hal negatif.

    c. Rangkuman
    Dengan mengsapingkan kekurangan dari cerita tersebut, dan dengan tulisan yang agak sulit dimengerti, dari pemahan Saya, cerita di atas memberikan nasehat agar remaja boleh bermimpi/berimajinasi, akan tetapi harus fokus dengan mimpinya itu dengan cita citanya, agar tidak sampai kecurian dan jangan terjerumus dengan hal - hal yang negatif.

    BalasHapus

Naskah Bebondres

Bondres merupakan salah satu kesenian tradisional Bali. Pada mulanya, Bondres merupakan selingan dalam kesenian topeng di Bali. Namun, belak...